Surabaya, 15 Oktober 2024 – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 resmi dibuka pada 15 Oktober 2024 di Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya. Pembukaan dilakukan oleh Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, Kemendikbudristek, Prof. Dr. H. Muhammad Adlin Sila, M.A., Ph.D.

Tahun ini, PIMNAS diikuti oleh 525 tim dari 118 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Sebanyak 3.000 peserta, termasuk mahasiswa dan pembimbing dari berbagai wilayah, mulai dari Aceh hingga Papua, berkumpul di UNAIR untuk berkompetisi. PIMNAS 2024 merupakan puncak dari serangkaian kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang telah berlangsung sejak Februari 2024. Acara ini juga di hadiri oleh Kepala Pusat Prestasi Nasiona Dr. Maria V. Irene Herdjiono, M.Si, yang merupakan alumni dari UNAIR.

UPN “Veteran” Jakarta turut berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini dengan mengirimkan satu tim yang berhasil lolos ke PIMNAS dan dua tim yang berkompetisi di kategori poster non-PIMNAS. Tim PKM Karsa Cipta yang lolos PIMNAS diketuai oleh Huda Rasyad Wicaksana dengan judul proposal “Wicara: Upaya Menurunkan Tingkat Kecemasan saat Berbicara di Depan Umum bagi Penderita Glossophobia Berbasis Aplikasi Mobile Menggunakan Large Language Model.” Tim ini membawa inovasi yang diharapkan dapat membantu individu yang menderita glossophobia atau ketakutan berbicara di depan umum melalui aplikasi berbasis teknologi kecerdasan buatan.

Selain itu, UPN “Veteran” Jakarta juga mengirim dua tim yang berkompetisi di kategori poster non-PIMNAS. Pertama, tim PKM Karsa Cipta dengan proposal berjudul “TeaGuard: Aplikasi Pendeteksi Hama dan Penyakit pada Tanaman Teh Berbasis Mobile.” Kedua, tim PKM Penerapan Iptek yang diketuai oleh Rafly Aziz Abdillah dengan proposal berjudul “Penerapan Aplikasi Pengelola Depot Air Minum sebagai Solusi Inovatif dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha untuk Mendukung SDGs Clean Water and Sanitation.”

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. Mohammad Nasih, mengingatkan pentingnya peran generasi muda sebagai pemimpin masa depan. “Student today, leader tomorrow,” tegasnya. Ia juga menekankan bahwa untuk mencapai Indonesia Emas 2045,  “E”nya diperlukan Education People. “Tanpa manusia yang terdidik dengan baik, Indonesia hanya akan menjadi ‘mas’ yang ditawarkan kepada orang lain,” ujarnya, merujuk pada pentingnya sumber daya manusia yang terdidik. PIMNAS, lanjutnya, menjadi ajang penting bagi mahasiswa untuk berkompetisi secara sehat dan adil, sebagai bagian dari proses persiapan menghadapi persaingan global.

Universitas Airlangga sebagai tuan rumah berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh peserta, dosen, dan dewan juri selama PIMNAS berlangsung, demi terselenggaranya kompetisi yang berkualitas dan bermakna bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Dengan semangat kompetisi yang tinggi dan inovasi yang kreatif, UPN “Veteran” Jakarta siap bersaing di PIMNAS 2024 dan membawa kebanggaan bagi almamaternya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *