Setelah absen selama dua tahun, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) kembali meraih tiket untuk bersaing di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2024. Tim UPNVJ akan diwakili oleh karya Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM KC) berjudul “Wicara: Upaya Menurunkan Tingkat Kecemasan saat Berbicara di Depan Umum bagi Penderita Glossophobia Berbasis Aplikasi Mobile Menggunakan Large Language Model”. Tim ini berasal dari Program Studi S1 Informatika, Fakultas Ilmu Komputer.Diketuai oleh Huda Rasyad Wicaksono, tim ini beranggotakan Muhammad Rezka Al Maghribi, Dhi’fan Razaqa, Fajar Ramadhan, Axel Putra Bintang Syahkuala Sebayang, dengan dosen pembimbing Radinal Setyadinsa, S.Pd., M.T.I.


Latar Belakang Wicara: Solusi untuk Glossophobia
Wicara hadir sebagai jawaban atas permasalahan yang dialami banyak individu, yaitu ketakutan atau kecemasan ketika harus berbicara di depan umum, yang dikenal sebagai glossophobia. Kondisi ini sering dipicu oleh faktor-faktor seperti rendahnya kepercayaan diri, kurangnya persiapan, dan kecemasan. Namun, solusi yang ada saat ini masih terbatas, dan teknologi Large Language Model (LLM) belum dimanfaatkan secara optimal untuk mengatasi masalah ini.

Aplikasi Wicara mengintegrasikan teknologi LLM yang memungkinkan pengguna mendapatkan dukungan personalisasi untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum. Aplikasi ini diharapkan mampu memberikan solusi yang lebih efektif dan mudah diakses, sesuai dengan kebutuhan individu, guna membantu mengatasi glossophobia.

Tim Wicara juga berbagi beberapa tips penting yang membantu mereka lolos ke PIMNAS:
1. Latar belakang masalah yang kuat, berdasarkan data dan penelitian yang relevan.
2. Penulisan proposal, laporan kemajuan, dan laporan akhir** sesuai dengan pedoman yang ditetapkan.
3. Kemampuan presentasi yang baik saat mengikuti evaluasi laporan kemajuan (PKP2).
4. Ide yang unik dan inovatif, tidak mainstream, seperti memanfaatkan teknologi yang sedang tren dengan solusi yang relevan dan terkini.
5. Gaya kepemimpinan yang fleksibel, terbuka terhadap masukan, dan tidak mudah terbawa perasaan (“baper”).
PIMNAS 2024 akan diselenggarakan di Universitas Airlangga pada 14-19 Oktober 2024. Tim Wicara diharapkan dapat membawa prestasi gemilang dan membawa medali untuk UPNVJ. Semoga sukses, Tim Wicara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *